my hometown in my view.

Suatu hari, Rika sedang mengobrol dengan beberapa barang yang didepannya.

Monitor : Eh cerita dikit donk tentang kampung kelahiran loe ? ( the stuffs is so gaul-norak-and-always-using-loe-gue-and-other-jakarta-words)

aku : Boleh, daripada nggak ada yang dibahas. Jadi gini ,...

*all stuffs is ready to listening my story about my hometown and then they duduk-silah-bak-dengerin-ustad-waktu-pengajian.*

aku : biasa kale bo, ngga usa serius amat gitu dengerin ceritaku.

Kucir-rambut-buluk-warna-putih-hampir-coklat : uda lah jangan bacot, buruan cerita deh!

aku : sabar kale, ngga usa ngotot gitu kaya ibu-ibu diserobot waktu antrian aja. Aku lahir di kota Purworejo, kalian uda tau belom lokasinya dimana. Tau Los Angeles? California? las Vegas? Nah ntu di amerika. kalo purworejo mah selatannya jogja, semua uda pada tau kali. Purworejo merupakan kota yang berbatasan langsung sama provinsi jogja tepatnya di bagian selatannya kulon progo. jadi, kalo kamu dari jogja, mungkin bisa menempuh waktu 1,5 jam buat menuju pusat kotanya, 1 jam aja nyampe perbatasan purworejo-kulonprogo. Tergantung kamu mau lewat mana, dari arah wates bisa, magelang-salaman bisa, Jalan pintas godean-samigaluh bisa banget <--- aku seringnya lewat sini. Deket bo', cuma satu panjang tangan aja nyampe. panjang tangan dinosaurus terus di zoom-in 100x. Kalo kamu dari jakarta, yah itung sendiri kale. Emang kalian pikir aku biro jasa perjalanan yang tau gitu-gituan? googling donk.

Tisu kusut bekas lap kacamata-baru-guweh : Ah ga penting banget sih loe Rik, gue ga butuh berapa lama perjalanan ke kampung halaman loe. Jangan sok-sok ngelucu deh ya.

Aku : Masih ga lucu ya *tampang muka memelas ala peserta acara "TOLONG" di salah satu stasiun tv swasta* :'( ...

HP Butut yang sering dipeluk, dielus, juga dibanting : Cerita donk makanan khas disana apa? Gue khan hp, gue mau masukin ke instagram nih. Kaya anak-anak jaman sekarang gitu, dikit-dikit upload makanan ke instagram.

Aku : GEBLEK! eh maksudnya aku ngga maki kamu yah, itu nama jenis makanan khas purworejo. yah aku tau masih diperdebatkan darimana asalnya makanan ini. jadi secara ga langsung, aku ngesahin makanan ini dari purworejo. :p
ini dia geblek, kalo diliat-liat mirip pizza itali terus dicat putih. Liat tuh sausenya mirip kan?
--source :google.com--

rasanya geblek itu gimana ya, rumit. kaya sebuah hubungan yang uda lama, terus putus ditengah jalan, Jadi bingung mau balikan apa mau bener-bener nglupain ( eh ... maaf maaf.. lanjut yuk). Jadi, rasanya itu asin, gurih, dan kenyal. Dibuat dari tepung kanji. (kalo ga salah).

Tempat minum hadiah doorprise di kampus : Ah tetep kurang seru! selain itu ada lagi ga, makanan khas purworejo yang uda jelas dan ngga diperdebatkan keasliannya darimana?

Aku : CLOROTmu! maksudnya nama makanan CLOROT. Definisinya, makanan yang terbuat dari... *googling dulu* tepung beras dan gula merah yang dikukus. dari bahannya aja uda jelas ini makanan manis, ngga percaya jilat gambarnya. Kalo ngga kerasa manis, ya paling kesetrum monitor. 
ini dia clorot, kenapa namanya clorot? silahkan liat cara bungkusnya yang mirip  daun kelapa muda dipuntir2. (apa hubungannya...?!!)
--source: masih google.com--
Tempat kacamata-baru-guweh : ah makanannya buatan semua yang alami donk!


Aku : alami..... hmmm ,, *benerin kacamata-baru-guweh* yang ngga suka aku pamerin kacamata terus-terusan silahkan keluar kelas ya ...yang alami itu misalnya buah-buahan, DURIAN ( i hate it so i dont wanna make the story about this one!) next ?



Jam meja warna pink tanpa batere: tempat wisata ada nggak?



Aku : MENJANGAN!( ini blog baik-baik dari keluarga baik-baik, jadi jangan harap kalian akan dapetin kata-kata kotor kaya AS* , B*JNG*N, dkkl dan kata kotor lainnya.) *pembaca says boooooo bareng2 * , MENJANGAN! kamu pikir Purworejo itu cuma kota biasa aja tanpa tempat wisata terus kuno, jadul , ngga ada apa-apa, ngga ada mall, nggak ada waterboom, ngga ada wisata kuliner, ngga ada tempat nongkrong yang asik kecuali alun-alunnya ???? dan sebagian dari kata-kata itu bener Sobs :'( ....emang purworejo belum ada semacam mall, waterboom, dll , TAPI!! * telunjuk tangan ke atas , tangan satunya benerin mic* you guys are wrong! Purworejo punya beberapa tempat seru, kalo kalian dateng ke kota ini, coba dateng ke beberapa tempat wisata berikut :


  • Goa Seplawan
Goa ini terletak di gugusan bukit menoreh perbatasan Kabupaten Purworejo dan Kulon Progo tepatnya berada di desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing sekitar 20 kilometer ke timur dari pusat kota Purworejo dan berada di sekitar 700 meter dari Permukaan laut. <--- aku ngga bakal tau sedetil ini kalo ngga copas jadi makasih buat link ini yang uda jelasin *sungkem*
Goa seplawan, diliat-liat mirip scene film zombie yah.. ehh...*maafin baim ya allah*
  • Pantai Jati Malang
Purworejo itu berbatasan langsung ma samudra hindia, jadi Purworejo lumayan memiliki wisata pantai yang bagus, contohnya pantai Jatimalang ini yang di pesisir selatan pinggiran kabupaten Purworejo. 
Indahnya pantai Jatimalang, kenapa perahunya tengkurep? mungkin capek terleentang terus.
--source: jelas donk! google.com selalu di hati--
  • Kolam renang Arta Tirta ( htm : IDR 3000-5000, lupa ane gan)

Jangan salah Bo' Purworejo emang ngga punya waterboom atau waterdor (nama lainnya boom) , tapi ada kolam renang yang airnya dari mata air pegunungan asli. ( aku tau darimana? ya nebak-nebak aja sih , hehehe) Kolam renang ini murah banget bo, kalian cuma ngeluarin uang 3000 apa 5000 ya, kalo belum naik sih, kalian bisa mainan air sesukanya di kolam ikan renang ini. Tapi jangan heran, rame banget kalo hari libur. Apalagi banyak anak kecil. naka-anak kecil disini uda berani renang di kolam renang untuk dewasa, padahal aku aja disana malah di kolam renang anak-anak kecil. emang dunia uda kebalik Sobs.
Bener kan kolam nya rame, tinggal julurin pancing dapet deh.

  • Alun-alun purworejo
Nah ini nih, tempat gahol anak-anak purworejo nongkrongnya dimari Sobs, biasanya malem minggu rame beud (kalo ngga ujan) tapi kadang ujan aja ada juga yang nongkrong. Saking gaholnya mereka. Alun-alun ini menurutku alun-alun paling luas yang pernah aku temuin. di tengahnya ada phon beringin besar juga, kaya di alun-alun jogja. Apa emang gitu yang wajibnya bikin alun2? Ngga tau deh, nanti tanya ya, sama tetangga. Kalo kalian uda liat alun-alunnya, mampir gih ke masjidnya yang di barat alun-alun. tau ga sob, itu bedhugnya merupakan bedug paling besar se asia tenggara. gede banget! namanya bedhug kyai bagelen. TAPI, kalian kesana jangan cuma mau liat bedhugnya doank, sholat donk sholat!! 

Bedhug Kyai Bagelen, the big one!
--source: i love google.com--
Keyboard : menurut loe, enak ngga tinggal disana?

Aku : ya berhubung aku dilahirin di sana, dibesarin disana, dapet keluarga, sahabat disana. Asik-asik aja sih. Apa-apa disana murah, contohnya , waktu emak ke pasar beli nasi megono. (semacam nasi urap yang dikasih sayur2an) bisa lho kita beli dengan harga 1000 rupiah sajaaa, dan banyak lagi porsinya!!! mana ada dimana-mana dapet nasi segitu. Terus, kehidupana disana tentrem, damai, dan asik kalo buat menetap seumur hidup. tapi jujur ya , kalo buat mengadu nasib, kayaknya kurang deh. kurang nggreget, dan kurang mengadu. Tapi bagus kok kalo ada modal bikin lapangan kerja disana. Para penduduknya semangat-semangat banget.

Kayaknya aku capek nih Sobs, aku ngantuk, hoaaam,, lanjutin kapan-kapan yah. Ada pengalaman tentang Purworejo? Share disini juga boyeh :)


cu 

<3

Komentar

Anonim mengatakan…
ngenes bacanya? apa iya calon tmpt ku tugas lebih ndeso dibanding tmpt ku skrg?hikss...stay di purworejo?
Anonim mengatakan…
klo berkenan mohon ivite pin aku 2BB3109F, pgn tau bnyk lagi ttg purworejo sebelum kesana, thx

Postingan Populer