In Love With Merbabu S01E04: Finale!

Sebelumnya...

Gue nggak merasa kepanasan, malah asik cekrak sana cekrek sini. Selfie hadap sana hadap sini. NARSIS? Biarin donk! Gue betah disini. Ya walopun disini rame banget kaya acara Dahsyat diparkiran Mol. Tapi gue tetep menikmatinya. Karena semua orang menikmatinya. 

Kesenengan gue hancur lebur dengan kalimat: INI PULANGNYA GIMANA?

Berangkatnya aja susahnya naudzubillah begitu, gimana pulangnya. Belum lagi musti kudu ke POS II dan masih turun lagi. Karena turun itu nggak semudah yang kalian bayangin.

Ya allah, tolong kirimkan gue Iron Man. 

....
Gue akhirnya duduk kecapean gegara selfie terlalu banyak. Sambil menikmati keindahan Tuhan yang begitu sempurna tiada tara, sambil menikmati juga sampah yang berserakan di puncak Merbabu yang seharusnya itu tiada. Dan saat itu juga hati yang terdalam berkata, gue pulangnya gimana? Jauh binggo, dan jujur aja bayangan gue pulangnya lebih mudah, gue bisa langsung ngglinding aja sampe karena jalanan menurun. 

Tapi khaaan? Lo masih inget, tebing-tebing bebatuan yang tanpa pengaman yang tadi gue lewatin? Masih inget khan? Inget itu rasanya kayak koreng kena senggol, sikut kepentok meja, SUCKIT. Kayak liat gebetan ternyata jalan sama sahabat lo sendiri.

Tapi dibalik suckit itu, gue berusaha bangkit lagi dari keterpurukan cinta, ngumpulin energi maksimal buat pulang demi masa depan gue. ( Gue juga kadang heran ini blog apaan sey?)

"Yuk Turun", kata salah satu kerabat.

Dan akhirnya kita semua selesai melakukan aktiftas di puncak. Memulai perjalanan turun puncak menuju POS II dengan hati yang.... entah males-malesan karena lihat treknya yang begitu. Tapi temen-temen gue ada yang jalannya cepet binggo, buset tu orang Mas Yope, Mas Rifky, sama Mas Ayip udah diujung sono. Sedang gue dan lainnya masih tertatih menuruni  tebing bebatuan yang kalo lo salah injek dikit nggak jadi pulang kerumah masing masing tapi malah pulang ke Rahmatullah. Astafirllah. 

Pelan-pelan tapi pasti akhirnya kita semua bisa nglewatin tebing bebatuan yang paling ekstrim. Dengan modal tangan dan gaya ala spiderman, kita semua pasti bisa melewatinya. Nglewatin jalanan landai lagi yang penuh dengan bukti-bukit chantique, jembatan setan yang malah mirip jembatan malaikat karena kanan kiri indah. Menyapa pendaki lain yang mau naik ke puncak, bikin joke-joke lucu biar mereka semangat. SERU pokoknya! 
Kanan kiri chantique

Tapi nggak tau kenapa perjalanan turun gue berasa lama banget, dan jalan waktu naek sama turun keliatan berbeda. Entah lah, gue ngeluh mulu turunnya.

"Perasaan tadi nggak lewat sini deh..." "Kok jalannya begini..perasaan tadi nggak ada". Begitu terus sampe merbabu dihujani hujan coklat.

Dan gue berharap ini udah sampe pertigaan tower pemancar. Bah, ternyata belom. Rasanya kok beda dan jauh gini. Bebeb capeg. Gue udah nggak pengen ke POS II lagi rasanya, pengen langsung pulang kerumah, bobok-an, emesh-an. Tapi gue masih harus nglewatin ini dulu baru bisa pulang karena ngeluh nggak nyelesein masalah. Tambah capek, iya. 

Finally ketemu pertigaan tower pemancar, disana udah ada teman-teman yang nggak ikut naik ke puncak. Lega banget, itu tandanya jalan ke POS II udah semakin deket. NGGAK! Masih jauh. Mengingat waktu naik gelap-gelap dan kita lebih nyaman karena nggak lihat medannya. Tapi kalo turunnya kan siang hari, dan lo bakal liat medannya kaya mana. Licin dan terus menerus begitu. Kaki gue mulai melemah. Nahan tubuh gue yang emang kelebihan lemak, belum sarapan, cuma makan snack-snack imut. Dengkul gue mau copodh, ini aja nggak bawa keril, gimana kalo nanti turun ke Basecamp. 

Dan tiba-tiba... Serr.... Gue diem. Kayaknya. Gue. Mens. Ah shit! 

Ya Allah, gue pengen nyerah.

Tapi gue anaknya kan kuat dan gawol abiz. Nggak boleh nyerah gitu aja yekan?

Udah denger suara-suara orang teriak, itu tandanya POS II udah deket. Ternyata belum, itu rombongan yang ngecamp in the middle of nowehere dan lagi memasak cantik. Ah mana ini POS II. Gue yakin POS II ini terkenal, sering banget dicari-cari orang. Hehe, udah nggak lucu yak? Muuph. 

Setelah melewati banyak halusinasi, akhirnya gue bisa ngelihat tenda warna warni. Ah itu POS II! Gue jalan cepet, pengen banget rasanya rebahan dan mengecek apa gue udah tembus kemana-mana karena gue nggak pake pembalut. Coba bayangin deh, ditengah gunung lo capek banget dan lo dapet. Khaan tahik!

Setelah melewati masa-masa pembersihan diri, gue gabung rombongan. Yaelah, mereka bikin dapur umum. Nggak ngerti deh ini, ngecamp dan bikir dapur umum. Mereka lagi asik memasak, ada yang masak sop, nggoreng tempe, masak nasi, dan lo tau ada apalagi? SOP BUAH!
Dapur umum versi kami (anak gwl abich)

IYA! Ditengah gunung kita masak SOP buah. Demi kelancaran turun dan mengurangi beban keril dan beban hidup yang makin banyak, kita semua memasak apa aja yang ada. Sampe bikin sphagetti segala lho... gawl abich khan kitaaahh? 

Sardines

Sop buwah
Sphagetty Sauce

Kalo dikehidupan normal, abis makan banyak ngantuk bisa tidur. Kalo digunung, abis makan banyak ngantuk ya lo musti bersih-bersih terus turun gunung. Inget ya BERSIH-BERSIH! Sampah harus dibawa pulang. Gunung nggak bisa bersihin dirinya sendiri, Gunung dari awal udah bersih. Sampe lo dateng dan ngotorin gunung, berarti emang lo yang ngga sadar diri. Dan inget juga, lo nggak boleh metik bunga sembarangan digunung, emang nenek lo yang nanem? Enak aja main petik.

Okay. Fix gue PMS. 

Intinya emans-emans. Jangan membuang sampah dan mengotori gunung ya. Karena bukan kita yang punya gunung, tapi Tuhan.

Perjalanan turun dimulai.

Awalnya masih ok, membawa keril yang agak ringan dari awal waktu naik. Masih bisa becandaan sama temens, masih bisa ledek-ledekan sama pendaki lain. 

Eh masa ada pendaki yang mau naik pake mantel warna kuning cerah, kecapekan. Mas pihik tiba tiba teriak: WOI ADA LALA!!

Serontak kita semua ngakak dan ngeliatin mas-mas Lala itu. Udah rekasa naik, keujanan dan bawaanya gede bingits. Dibilang LALA teletubbies . Khaan jahat :')

Begitulah sekiranya sepanjang perjalanan, ngecein pendaki lain.  Jahat sih, tapi seenggaknya kita jadi nyemangatin diri sendiri dan mereka. 

Eh gue sebenernya mau nyisipin cerita tentang ada om om yang barengin kita waktu naik, ngecamp, muncak, sampe turun lagi yang sering banget bilang HEYHO. Dan orangnya berisik banget, sering bilang ayo semangat, kamu pasti bisa. Semangat Dhazmuu! Pokoknya berisik banget. Tapi gue lupa. Untung om, gue lupa kalo kagak om bakal jadi subjek nyinyiran gue di artikel bersambung ini. Soalnya itu orang sering banget nongol dari belakang atau tau tau dah didepan gue.

Dan kayaknya gue capek, ini bagian dimana gue kaya ga sanggup lagi. Kaki gue nahan beban tubuh sama tas. Nggak pake kaos kaki lagi. Dengkul gue uda mulai rapuh, sakit, pegel dan bener deh gue rasanya pengen jalan sepelan-pelannya. Gue udah nggak peduli lagi ketinggalan rombongan.  Tapi kelamaan kok gue makin pelan banget, dikit-dikit gue berenti. Nafas gue oke, tapi kaki. Rapuh banget. Apa ini tandanya? Gue udah tua dan harus segera menikah?

Ya allah, gue pengen cepet sampe basecamp.

Doa aja nggak cukup, gue musti bangun lagi. Terkekeh-kekeh lagi. Masih jauh kah? Gumam gue berkali-kali.

Ditengah-tengah capeknya gue, ada suara yang nggak asing lagi dari atas..

"HEYHO...."

Yes, lo tau siapa doi. Gue langsung buru-buru turun, kagak mau ketemu sama doi.

Akhirnya gue denger suara adzan, Fyuh.. udah deket kah? Beneran, udah mulai makam I yang kemarin kita lewatin. Dan jalan setapak-an lagi. Jalan setapakan itu nggak semudah lo bayangin, ternyata jauh lebih susah dari lo yang jalan ditanah dan terjal. Lo mesti jalan kecil-kecil dan ati-ati biar nggak kepleset. Enakan jalan nyamping atau mundur. Tapi musti ati-ati. Gue aja kepleset berkali kali disetapakan itu. Tapi bebeb Rika selalu bangun lagi walau sering jatuh berkali-kali kaya kisah percintaan gue ye... Mihihii...
 

Dan ITU BASECAMP KANG MARMIN!!!


Temen-temen udah pada sampe dan makan bakso. Ah gue laper. 

Let the picture says everything.


Sedikit berkata:

Gue emang bukan pendaki.

Gue bisa dibilang newbie banget, tapi sejak pendakian perdana gue ke Merbabu ini. Gue ngerasa gue sanggup dan bisa nglewatin apa aja, tapi tetep gara-gara bantuan temen-temen rombongan. Kalo nggak ada mereka, gue hanya butiran debu. Mana ngerti ini itu, mana ngerti harus bawa apa aja, gimana musti bertahan saat lo dingin, lewatin trek harus gimana. Pokoknya gue pengen bilang makasih banget buat semua temen-temen rombongan. Duh gue jadi menye-menye begini. Kalian lucunya peutcah dan kompaknya lhaaar biyasak! Keep it up guys! And jangan kapok bawa gue ye.


Love you all 
<3


See you at the next destination.

Komentar

Postingan Populer