In Love with Merbabu S01E03: Unspoken Moments

Sebelumnya di In Love with Merbabu ...
 
Kita berencana mau muncak jam 4 pagi, biar dapet sunrise. Ya namanya juga orang Endonesah khan, mesti molor. Nyatanya, jam 4 baru dibangunin. Gue masih bangun merem-merem ngumpulin nyawa, bobo lagi, belum pipis yang harus nyari spot dulu. Belum sarapan. Kebetulan yang ikut muncak nggak semua sebagian doank, sebagian tinggal di POS II.

 ...

MAU KEMANA KITA?
PUNCAK

MAU KEMANA KITA?

PUNCAK

MAU KEMANA KITA?

*plis DORA keluar donk dari pikiran gue plis* 

Dengan nyawa yang masih separo ketinggalan di tenda,  gue musti melek demi kepuncak Merbabu. Yang sama sekali gue nggak tau kaya apa medannya, karena tiap kali gue nanya mesti jawabanya. Medannya GAMPANG. Gue sebagai newbie yang penurut dan rendah hati serta rajin menabung bisa apa?

Udah gitu, gue nggak bawa headlamp sendiri. Gue adanya senter yang gue dapetin dari doorprise dikantor. Nggak berguna sama sekali deh. Catet guys, HEADLAMP! Kecil dan penting. Jadi mau nggak mau, gue harus ngikutin depan gue dan dapet cahaya dari orang dibelakang gue. Bayangin gelap-gelap lewatin jalanan terjal yang banyak bebatuannya tanpa lampu sama sekali. Khaan GILA! 

Step by step gue lewatin jalan itu, dengan perpaduan rasa takut kepleset dengan rasa kepising yang begitu dalam. Medan awal naik kepuncak nggak begitu kerasa, tahu-tahu udah mulai terang. Mungkin karena kita muncaknya nggak bawa keril dan gelap. Jujur ya, nggak tau kenapa jalan waktu gelap lebih enak karena kita nggak shock duluan lihat medannya. Target kita menuju Batu Gede, Batu yang udah dari lama disitu mungkin dari jaman megalitikum atau kezelitikum ntah lah gue juga nggak paham.
Ini batu Gede yang gue maksud. Ah Vandalisme nya kok dari asal kite-kite. Bikin Malu aja!

Sesampai di Batu Gede itu, kita rehat sabuntar. Cekrak sana cekrek sini. Cahaya dari ufuk timur mulai terlihat, dan tower pemancar yang terlihat dari POS II tadi  terlihat lebih dekat. Dan jalanannya semakin terjal dan banyak bebatuan. Bebatuan yang terlihat kuat tapi sebenernya rapuh. Ya kayak hati gue. Ahelah... It means, kalo itu batu kena senggol dikit dan ngenain orang dibawah lo, ya Wassalam. So, hati-hati pake binggo ya!


Ngantuk tapi tetep kudu semangat ya bebs

 Dan akhirnya kita sampe di pertigaan yang kalo kekiri ke tower pemancar kalo ke kanan menuju puncak puncak gemesh yang kita tuju. Inget ya , ke KANAN.

Pemandangan yang SUBHANALLAH indahnya bakal nemenin lo sepanjang menuju puncak. Lihat kanan chantique, lihat kiri chantique. Rasanya lo udah puas banget nyampe sana dan nggak perlu kepuncak lagi. Gue menyebutnya bukit Teletubbies, karena persis banget kaya set syuting teletubbies. Teletubbiesnya? Gue. Iya Gue. PUAS!
Uuugh unspoken moment

 Menuju pertigaan puncak Syarif dan Kentheng Songo, jalanan lumayan landai. Nggak juga sik, ada jembatan setan. Waktu dijalan menuju POS II gue udah was-was ini jangan-jangan jembatan yang dari rambut dibelah 7. Tapi jangan khewatir namanya doank yang serem, tapi itu cuma jalan penghubung ke bukit satu kebukit satunya. Kanan kiri jurang, yang kalo lo nggak fokus ya tau sendirilah, wassalam. 
Yang penasaran ma towernya, tuh!

Berapa puncak mesti kita lewati buat menuju puncak Kentheng Songo. Seneng? Jelas. Capek? lebih-lebih. Dan berikutnya medan yang menurut gue paling paling BOMBASTIS. Gue kudu melewati tebing batu yang cuma bisa diinjek sejengkal doank. Gue menganga dari bawah.

GUE MUSTI LEWATIN INI?! Tanpa webbing tanpa apapun yang bikin kita merasa aman?

NAIK GUNUNG GINI-GINI AMAT SIH YA ALLAH.

Tapi mau nggak mau emang musti gue lewatin yekan? Mau pulang ke rumah, nggak mungkin. Mau diem aja disitu, gue bukan patung. Ya gue kudu bisa donk. Akhirnya gue menginjakkan kaki imut gue ke step batuan pertama. Sambil menyebut ucapan-ucapan keagamaan berkali-kali yang bisa-bisa dijadiin album yang bakal laku keras.

Tebing Bombastis yang lo mlence dikit..... ah ngilu ah.
Ya allah, kenapa gue disini, kenapa gue nganterin nyawa gue sendiri disini? Finally, gue bisa nglewatin itu tebing yang menurut gue paling bombastis. Dan ternyata, masih ADA LAGI BEBATUAN BOMBASTIS lainnya. Nyali gue kemana? Udah gue jual beserta surat-suratnya.

Semangat kakaks!

Tapi demi menuju puncak gemilang cahaya KENTHENG SONGO, gue kudu melewati entah apa itu yang ada didepan mata gue. HAP HAP HAP HAP HAP HAP. Nafas gue mulai melemah. Kaki makin berat, itu karena gue agak sedikit keburu-buru. Udah liat temen-temen yang nyampe duluan.

AND...HOSH HOSH...


GUE SAMPE PUNCAK!!!!!!!!!


Muka gue langsung sumringah, capeque otomatis ilang. Temen-temen gue satu persatu nyalamin gue. Ah, gue terharu banget. Ya allah, terimakasih. Teman-teman, terimakasih.

Nggak nyangka, gue bisa di puncak Kentheng Songo Merbabu 3142 MDPL ini Ya Allah. Gue langsung buru-buru ngeluarin secarik kertas dari dalem jaket yang emang gue siapin dari rumah. Yup!

HAPPY BIRTHDAY MY MOM!!!!!!
12 April 2015, gue naik menuju puncak merbabu pas banget nyokap gue ulang tahun. 


Wish you all the best mom, maaf nggak bisa pulang malah berupaya ke puncak merbabu nganterin nyawa, jual nyali, dan tinggal dihutan. Bandel emang gue, tapi ini sangat berarti buat pengalaman hidup gue. SANGAT BERARTI. 
Maaa, dapet salam dari Merapi. Katanya sugeng tanggap warsa!


Pemandangan indah terbentang luas mengelilingi gue, Merapi diselatan tampak gagah sejajar didepan mata dan gue nampak kecil. Sabana yang terbentang luas dibawah sana. Gugusan Gunung Sumbing, Prau, Sindoro nampak tervisualisasi nyata di bagian barat. Gunung Andong dan Gunung Ungaran nampak kecil dibawah sana. Pemukiman penduduk yang mengelilingi gunung-gunung. Awan-awan gemesh yang berusaha nutupin pemandangan. Subhanallah......
Kost gue nggak keliatan dari sini :( *syedih*
Tuhan Maha Art!

Gue nggak merasa kepanasan, malah asik cekrak sana cekrek sini. Selfie hadap sana hadap sini. NARSIS? Biarin donk! Gue betah disini. Ya walopun disini rame banget kaya acara Dahsyat diparkiran Mol. Tapi gue tetep menikmatinya. Karena semua orang menikmatinya.
Kita udah nyampe sini, lo kapan?

Kesenengan gue hancur lebur dengan kalimat: INI PULANGNYA GIMANA?

Berangkatnya aja susahnya naudzubillah begitu, gimana pulangnya. Belum lagi musti kudu ke POS II dan masih turun lagi. Karena turun itu nggak semudah yang kalian bayangin.

Ya allah, tolong kirimkan gue Iron Man.


Bersambung....

Komentar

Unknown mengatakan…
Ditunggu sambungannya kak, seru ceritanya..

Postingan Populer