In Love with Merbabu S01E02 : Cantik-cantik kok disampahin.

Previously on In Love with Merbabu...

Buat pecinta makanan kayak gue, kayaknya ga cocok banget muka gue ini naek gunung. yekan?
Tapi jangan salah, don't judge a person by its shape. Gini-gini gue udah naklukin MERBABU! (biasa ja keleus, *gumam pembaca) Kagak bisa biasa donk! Naek gunung Merbabu itu bukan sekedar biasa aja kalo buat perdana an kaya gue.

Setelah meeting chantique bersama rombongan malem sebelum kita berangkat, akhirnya hari H telah tiba. Gue? Masih excited nggak ketulungan. Tidur ga nyenyak, gue masih kepikiran barang apa yang musti gue bawa, jajanan apa yang buat asupan gizi gue disana, outfit apa yang bakal gue pake, outfit sante, outfit waktu manjat, outfit bobok, outfit waktu makan malam, ahhh pokoknya kepala gue mau peucah rasanya kalo disuruh mikir banyak-banyak. Dan akhirnya gue memutuskan untuk membawa 2 stel pakean doank, dan beberapa celana dalem gemez buat ganti.
( Buat cewek, penting. Lo boleh nggak bawa celana banyak, tapi cd kalo bisa cukup agar miss V tetep sehat, apalagi kalo lagi dapet, you're welcome).

Gue cuma bawa daypack 45 L, itu aja minjem. FYI: gue perlengkapan naik gunungnya minjem temen semua. Mungkin ini adalah naik gunung paling nggak modal.
Tentang persiapan apa aja yang musti lo bawa waktu naek gunung, lengkapnya mending lo googling di blog-blog para mastah atau lo bisa nanya sama temen-temen yang jauh lebih berpengalaman ya. Tapi apapun yang lo butuhin tolong pikirin safety first, selain itu kebutuhan lain bisa menyusul.
Dan perjalanan pendakian chantique dimulai. Malem itu sekitar jam 11 malem kita serombongan sampe di basecamp yang letaknya di desa Wekas. Karena kita bakal manjat Merbabu via Wekas, yang katanya lebih deket dan GAMPANG.
Sesampai di basecampnya Pak Marmin, kita semua pada mencari posisi bobo karena kita kudu istirahat cukup buat tenaga keesokan harinya. Gue? MANA BISA BOBOK LAH! Gue emang kebiasaan gitu, kalo bobok ditempat baru, gue nggak bisa langsung ngantug apalagi gue lagi excited banget. Akhirnya gue cuma guling-guling didalem SB, bangun, ngumpul-ngumpul sama temen-temen yang belum bobo. Makan mi bareng-bareng. Terus bobo, tapi cuma merem-merem genit doank.

Dan akhirnya bisa bobo dalem waktu mungkin sejam, gue kebangun karena Bu Marmin memasak didapur yang kebetulan sebelahan sama tempat gue bobok. Karena jiwa sosial gue tinggi, ya otomatis gue menuju ke dapur. Membantu? Bukan, tapi ngangetin badan deket tungku memasak. Muehehehe.

Satu demi satu, anak-anak pada bangun. Dan mulai sibuk dengan keperluan masing-masing, ada yang mandi, makan, eek, hingga foto-foto mulu, padahal berangkat aja belom. Setelah pemanasan massal buat ngelatih otot, gue and the genk berdoa dan selfi menuju pendakian di jalan pertama.

Ke gunung oleh bawa krupuk segede gaban lho~~


Fyi: Kita dibagi menjadi 2 kelompok, yang total nya 21 orang. Team advance: yang bertugas jalan duluan, demi mendapatkan spot di POS II buat ngecamp. Team Newbie: (ya kaya gue) Team yang jalannya pelan-pelan karena masih baru. 

Dan kemudian perjalanan dimulai.

Medan awal masih gampang, jalan setapak pemukiman warga yang sekitarnya ladang sayuran kubis, wortel, tomat yang ingin sekali gue curi buat mamah dirumah. Tapi rasanya gue udah capek minta ampyun. Syit, baru segini aja nafas udah ngos-ngosan. Kaki mau copot, pundak mulai ngilu. Hati makin rapuh. Ashhhh...

"AH KENAPA GUE DISINI SIH?." Gerutu gue dengan imut dalem hati.

Gue udah mulai ngeluh di medan pertama, padahal kata Mas Mike, kita itu nggak boleh kebanyakan ngeluh waktu manjat gunung. Pamali. Tapi entah kenapa secapek-capeknya kaki gue, gue seneng binggo nggak ketulungan. Karena ini PERDANA! Gue nggak boleh nyerah gitu aja, kan?

Medan pertama yang jalan setapak tadi bakal berenti di Makam I yang jadi patokan kalo kita bakal memasuki hutan yang jalanannya bakal naek terus. Dan nggak bakal ada warung soto disepanjang jalan apalagi Wifi *syedih*.

Aku capek. Padahal ini baru mau ke POS II, yang lokasinya masih diseparo perjalanan menuju puncak. Dan kira-kira sekitar 4 jaman baru kita sampe.
4 JAM JALAN NANJAK 45 DERAJAT MEMBAWA KERIL ITU NGGAK MUDAH YO BROOOHH!
Mungkin kalo gue itung-itung, tiap 15 menit sekali gue berenti, team juga pada capek. Dan gue juga baru tau kalo naek gunung itu ada kode-kode sendiri. Misal:

KYU= berenti
KYU KYU= jalan lagi
KYU banyak= ada apa-apa. <-- aseli pikiran gue melayang layang bagian ini.

Sebelum sampe ke POS II, kita mesti nglewatin dulu POS I yang ternyata hanya lahan dikit bisa buat berenti istirahat. Nggak ada Indomaret disana, jadi kalo lo haus, keluarin air minum dr tas lo. 
Sampe di POS I, tiba-tiba ujan deres. Kata Om mike, itu adalah ujan kabut. Ujan yang ada waktu lo naik gunung. Akhirnya team harus pake dress warna warni dan setelan-anti-air (Re:Jas Ujan) masing-masing.

Udah ujan, jalanan semakin nanjak, licin dan terjal, membawa tas gede bingits, status masih jomblo. Perfect.
Mbak Mai aja semangat, masa kamu enggak?


Bebeb Rika harus semangat melewati ini. ( ,")9

Tiap kali dijalan gue diem aja, gue berharap ada Vin Diesel nyamperin gue dan nganterin gue pake mobil NOSnya biar cepet sampe tujuan (yakale bisa lewat). Pokoknya imajinasi gue mendadak kemana-mana.
Vin Diesel kok gak lewat-lewat yak, bebeb capeg

Mana ini POS II Ya Allah.

"Pos II bentar lagi nyampe kok, ini kekiri terus kekanan." Kata Mas Ayam.

Tapi mau dijelasin kek mana juga gue nggak ngerti, orang gue bukan anak kampung sana.

Dan akhirnya, rombongan pun sampe ke POS II dengan selamat. Tenda-tenda warna warni ditengah lahan yang lumayan luas dan tertutup kabut. Gue pikir tempatnya itu semacam lahan kecil, sepi ditengah hutan. Ternyata kebalikannya, rame bangets. Banyak rombongan pendaki lain mendirikan tenda juga disana, malah udah ada yang memasak cantik, jemur pakaian, dan foto-foto. Gue sempet heran dan bahagia. Alhamdulillah, bukan ditengah hutan rimba yang bisa-bisa gue dimakan macan malemnya.
Surga didepan mata (Re: tempat leyeh-leyeh)

"Tetapi, gue sempet heran menganga pemandangan cantik-cantik yang terselimuti kabut ini kok banyak SAMPAH ?"

:(


Orang-orang yang nggak bertanggung jawab ini pada ngerti nggak sih, kalo mereka ini tamu. Kalo kalian pengen bawaanya ringan sewaktu pulang ya mbok bawa makanan yang dari alam juga, nggak plastikan/kalengan. Misal lo bawa pisang, apel, alpukat, sayur mayur kaya gue (mungkin ini yang bikin gue sempoyongan, bawaan gue niat banget). Kalo mau bawa makanan berbungkus plastik kan bisa dilipet terus dibawa pulang lagi, kan ringan juga. Gue masih baru aja tau lho, masa nggak malu. Naik gunung kan bukan sekedar lo pengen wisata doank, tapi ngelatih lo biar nggak manja. Kalo mau enak yang main ke MOL sono.
Ya Allah, keindahanMu kok didustakan begini Ya Allah :(

Okay, sedih sedihnya gue skip dulu.

Dan akhirnya gue bisa rebahan dan leyeh-leyeh sambil menikmati pemadangan yang depan gue bukit yang atasnya ada tower pemancar. Kenapa ada tower pemancar? Ye mana gue tau.

Bayangan gue dari basecamp, sampe POS II gue bakal nagntuk banget dan bobok dalem tenda, Nyatanya? TETEP, nggak bisa boboque. Ah KZL. Emang gitu kalo lagi excited-excitednya. Pokoknya ngga boleh ditiru ya eman-eman. Lo kudu istirahat karena apapun yang terjadi, lo mesti siapin tenaga buat ke PUNCAK.

Mesti pada pengen ikutan foto beginian khaan?
Kita berencana mau muncak jam 4 pagi, biar dapet sunrise. Ya namanya juga orang Endonesah khan, mesti molor. Nyatanya, jam 4 baru dibangunin. Gue masih bangun merem-merem ngumpulin nyawa, bobo lagi, belum pipis yang harus nyari spot dulu. Belum sarapan. Kebetulan yang ikut muncak nggak semua sebagian doank muncak, sebagian tinggal di POS II.

Seperti apa muncaknya? Kita bakal menyaksikan keseruan Menuju PUNCAK gemilang cahaya di episode selanjutnya..



Bonus: bebeb bebeb gemesh














Komentar

Postingan Populer