I (want to) dance with my father..

gw cengeng. Iya.

Sebelumnya, gw ucapin SELAMAT HARI IBU ! buat para wanita kuat dimanapun !

Pagi ini dunia maya ramai dengan ucapan Selamat hari ibu buat ibunya masing-masing, pasang foto DP bbm bersama ibu, upload foto ibunya yang cantik-cantik. Sungguh berbeda sekali hari ini. Bukan berarti hari ini aja kita harus berbakti sama ibu kita, sebenernya tiap hari kita harus berbakti pada beliau. Ucapanpun berbondong-bondong terlihat, foto-foto mesra antara ibu-anak terlihat semprana dilihat di social media manapun. Udah seperti hari raya agama aja, RAMAI! Serasa berlomba-lomba ngeposting tentang keakraban ibu-anak. Seneng lihatnya, ternyata banyak banget temen-temen yang sangat menyayangi ibunya.

Pagi ini, gw juga nggak mau kalah. Gw pasang DP BBM ibu yg cantik jelita beserta ucapan. Tak kelewat juga di akun Path. Semua temen rata-rata ngepost tema IBU hari ini. Dalam hati gw, gw tetep merasa ibu gw paling cantik. Hehehe, iye2 tau, semua orang nggak ada yg mau ngalah muji ibunya sendiri. Saat scroll dan update postingan di path, sejenak gw terhenti.

Di sebuah postingan temen gw, upload foto ibu doi. Hasil jepretan foto cetakan,  lama yg difoto kembali pake kamera HP sekarang.  Dengan caption "Selamat hari ibu buat ibu disurga".

gw terdiam. Bukan karena gw kasihan, ( kasihan juga sih ) tapi apa point-nya semua orang ngucapin dan berlomba-lomba meng-upload tentang ibu mereka? Padahal ada orang yang nggak punya atau udah lama banget nggak ngerasain sosok ibu dalam hidupnya.

Coba bayangin,

nggak tau rasanya dibangunin pagi-pagi cuma buat shalat subuh tanpa missed seharipun..

nggak tau rasanya sarapan pagi buatan ibu yang kadang rasanya nggak seenak masakan kita..

nggak tau gimana berdebat mau melihara anjing atau ayam...

nggak tau gimana debat minta dibeliin mobil idaman dikasihnya mobil antik...

nggak tau gimana ngajarin pake smartphone dan akhirnya cuma bisa bbm-an doank..

dan hal anah-aneh lainnya.

Ini aja waktu gw pasang DP foto beliau yg gw candid, ibu protes, suruh ganti yg cantik, bilangnya jelek amat. LOL...

gw tau rasanya gimana perasaan temen gw saat kalian-kalian yg (masih) punya ibu pamer foto kemesraan keakraban antara ibu dan anak. gw alamin waktu itu jika Hari Ayah. Dimana setiap orang bergantian memasang foto-dan ngepost tentang ayahnya masing-masing, gw cuma bisa diem. Nggak bisa setegar temen gw waktu upload foto ibunya yg uda meninggal. Gw nggak bisa. Sama sekali.

Mungkin karena gw udah kehilangan figure seorang ayah kali ya, gw sama ayah gw sendiri nggak pernah ketemu sama sekali, papasan disengaja atau bahkan tidak aja belum pernah. Bukan berarti ayah gw kabur waktu ngehamilin nyokap gw ya. hahaha... Tapi ayah gw ninggal waktu umuran gw 2 bulan (dalam kandungan). Yup thats what happened to me.

Kita berdua adalah orang asing yang ditakdirkan punya darah yang sama. Serius, gw iri se-iri-irinya orang paling iri sedunia kalo liat para cewek gandeng ayahnya, bisa pergi bareng, becanda sama ayahnya sendiri, and i never dance with my father.

Bukannya gw nggak bersyukur pernah punya ayah pengganti, tapi gw yakin rasanya beda kalo ayah kandung sendiri. Yang gw rasain waktu itu jujur, berharap dia ga ada….suasana rumah jadi agak tegang karena gw takut mau ngapa-ngapain….takut mau nonton kartun seharian karena biasanya dia bilang gw males….lebih baik bantuin Papa ngebersihin halaman atau ngasuh adik gw…..and I hate it…gw mau nonton Doraemon sama Power rangers.


Segitunya dulu emang gw benci ma ayah pengganti, namanya juga masih anak kecil. tapi gw kudu bersyukur karena hidup gw ga sedramatis film 3 days To Kill, yang dimana seorang anak kehilangan kasih sayang seorang ayahnya padahal ayahnya masih hidup. Dia nggak bisa naik sepeda, pergaulan yang bebas, dan nggak bisa dansa. gw akhirnya bisa naik sepeda tanpa harus dibelajarin sang ayah, ada om om gw, ibu, dan keluarga gw lainnya yang bisa belajarin gw naik sepeda, pergaulan bebas... umm ..ummm ..umm intinya gw bebas bergaul ma sapa aja, gitu yah? :p Dansa? gw bisa dansa itik alias goyang itik.

Karena saking pengennya bertemu dengan ayah, gw sering banget ngebayangin, kalo ayah gw itu ternyata belum meninggal, dia adalah agen khusus yang statusnya dibkin mati agar keluarganya tidak  terancam bahaya. Ok stop rika! STOP. lo korban serial.

Tapi emang dalam hati kecil gw, gw pengen punya ayah, yg deket sama gw, yg bisa gw minta saran kl gw naksir sama cowo, yg bisa jadi imam kl kita sholat berjamaah, yg bisa jadi calon mertua yg galak pas ada cowo yg naksir  gw, yg bisa gw cium tangannya waktu gw berangkat / pulang kerja, yg bisa gw sungkemin kl lagi lebaran, .yang bisa nemenin ibu di hari tuanya….

Dad..look at me…im such a looser now…im not smart, im not a braver and im definetely not a leader….im not a person that u want me to be….but u were the not the the figure I want you to be either…so we’re even….



Love u Mom & Dad..

Your braveless daughter,

Rika



Komentar

Postingan Populer